Sabtu, 12 Maret 2016

RUMUS-RUMUS DALAM MICROSOFT EXCEL

Dalam Microsoft excel terdapat rumus-rumus yang sering digunakan oleh para pengguna untuk mempermudah pekerjaan antara lain:
·       =SUM( , digunakan untuk mencari jumlah
·       =AVERAGE( , digunakan untuk mencari rata-rata
·       =MAX( , digunakan untuk mencari nilai tertinggi
·       =MIN( , digunakan untuk mencari nilai terendah
·       =IF( , digunakan untuk mencri keterangan
Untuk lebih memahami cara menggunakan rumus-rumus tersebut perhatikan gambar dan lihatlah keterangannya.
Keterangan:
Cara untuk mencari jumlah nilai:
1.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g8 adalah dengan menulis rumus =SUM(C8:F8)
2.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g9 adalah dengan menulis rumus =SUM(C9:F9)
3.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g10 adalah dengan menulis rumus =SUM(C10:F10)
4.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g11 adalah dengan menulis rumus =SUM(C11:F11)
5.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g12 adalah dengan menulis rumus =SUM(C12:F12)
6.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g13 adalah dengan menulis rumus =SUM(C13:F13)
7.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g14 adalah dengan menulis rumus =SUM(C14:F14)
8.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g15 adalah dengan menulis rumus =SUM(C15:F15)
9.    Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g16 adalah dengan menulis rumus =SUM(C16:F16)
10.                       Cara untuk mencari jumlah nilai pada cell g17 adalah dengan menulis rumus =SUM(C17:F17)
Cara untuk mencari rata-rata:
1.    Pada cell h8 adalah dengan menulis rumus =AVERAGE(C8:F8)
2.    Pada cell h9 adalah dengan menulis rumus =AVERAGE(C9:F9)
3.    Pada cell h10 adalah dengan menukis rumus =AVERAGE(C10:F10)
4.    Pada cell h11 adalah dengan menukis rumus =AVERAGE(C11:F11)
5.    Pada cell h12 adalah dengan menukis rumus =AVERAGE(C12:F12)
6.    Pada cell h13 adalah dengan menukis rumus =AVERAGE(C13:F13)
7.    Pada cell h14 adalah dengan menukis rumus =AVERAGE(C14:F14)
8.    Pada cell h15 adalah dengan menukis rumus =AVERAGE(C15:F15)
9.    Pada cell h16 adalah dengan menukis rumus =AVERAGE(C16:F16)
10.                       Pada cell h17 adalah dengan menukis rumus =AVERAGE(C17:F17)
Cara untuk mencari keterangan:
1.    Pada cell i8 adalah dengan menulis rumus =IF(H8>=86.25,”LULUS”,”GAGAL”)
2.    Pada cell i9 adalah dengan menulis rumus =IF(H9>=81.25,”LULUS”,”GAGAL”)
3.    Pada cell i10 adalah dengan menulis rumus =IF(H10>=83.25,”LULUS”,”GAGAL”)
4.    Pada cell i11 adalah dengan menulis rumus =IF(H11>=83.75,”LULUS”,”GAGAL”)
5.    Pada cell i12 adalah dengan menulis rumus =IF(H12>=84.25,”LULUS”,”GAGAL”)
6.    Pada cell i13 adalah dengan menulis rumus =IF(H13>=85.75,”LULUS”,”GAGAL”)
7.    Pada cell i14 adalah dengan menulis rumus =IF(H14>=87.25,”LULUS”,”GAGAL”)
8.    Pada cell i15 adalah dengan menulis rumus =IF(H15>=86,”LULUS”,”GAGAL”)
9.    Pada cell i16 adalah dengan menulis rumus =IF(H16>=84,”LULUS”,”GAGAL”)
10.                       Pada cell i17 adalah dengan menulis rumus =IF(H17>=83,”LULUS”,”GAGAL”)
Cara mencari nilai tertinggi:
1.    Pada cell c18 adalah dengan menulis rumus =MAX(C8:C17)
2.    Pada cell d18 adalah dengan menulis rumus =MAX(D8:D17)
3.    Pada cell e18 adalah dengan menulis rumus =MAX(E8:E17)
4.    Pada cell f18 adalah dengan menulis rumus =MAX(F8:F17)
Cara mencari nilai terendah:
1.    Pada cell c19 adalah dengan menulis rumus =MIN(C8:C17)
2.    Pada cell d19 adalah dengan menulis rumus =MIN(D8:D17)
3.    Pada cell e19 adalah dengan menulis rumus =MIN(E8:E17)

4.    Pada cell f19 adalah dengan menulis rumus =MIN(F8:F17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar